Tempat wisata di Bandung
Tempat wisata di Bandung

Tempat Wisata di Bandung yang Wajib Anda Kunjungi

Posted on

Bandung memang menjadi salah satu destinasi favorit bagi mereka yang berada di ibukota. Untuk mencapai kota ini, warga Jakarta hanya perlu menggunakan jalan tol. Aksesnya yang sangat mudah membuat banyak orang senang berkunjung ke Bandung. Oleh karena itu, tak heran jika tiap akhir pekan jalan tol Jakarta – Bandung selalu padat. Selain kemudahan akses, ada puluhan tempat wisata di Bandung yang tidak akan habis untuk dikunjungi. Jadi, meskipun tiap pekan Anda pergi ke Bandung, Anda bisa pergi ke tempat-tempat wisata yang berbeda.

Tempat Wisata di Bandung yang Memikat dan Memukau

Bandung adalah salah satu kota dengan penduduk terpadat di Jawa Barat dan Bandung juga sekaligus menjadi ibukota Jawa Barat. Letak kota ini sangat strategis karena terletak pada dataran tinggi yang diapit tiga pegunungan. Kota ini terkenal dengan udaranya yang sejuk serta kekayaan budaya dan seninya. Tak hanya orang Indonesia saja yang suka berkunjung ke kota ini bahkan para turis asing pun banyak yang tertarik mengunjungi Bandung. Pada uraian ini, akan dijelaskan secara detail apa saja tempat wisata di Bandung.

Rutinitas kota yang padat dan sibuk membuat sebagian besar orang ingin menghabiskan liburan di tempat yang tenang. Wisata alam menjadi pilihan favorit untuk Anda yang muak dengan rutinitas kota yang padat. Di Bandung, ada banyak sekali tempat wisata alam menarik yang bisa Anda kunjungi. Simak saja ulasannya berikut ini.

Gunung Tangkuban Perahu

Legenda dari Bandung yang begitu mendunia salah satunya Gunung Tangkuban Perahu terletak sekitar 20 km dari Kota Bandung, tepatnya di daerah Cikole, Kabupaten Lembang. Tangkuban Perahu ini termasuk ke dalam gunung aktif yang meletus terakhir kalinya pada 2013. Akan tetapi, gunung ini dipastikan aman untuk dikunjungi. Gunung yang masih aktif ini ditandai dengan adanya sumber air panas alami yang mengalir di kaki gunung serta gas belerang yang tercium di dekat kawah. Karena bau belerang ini sangat menyengat, Anda disarankan membawa masker.

Puncak gunung ini berada pada ketinggian 2.084 mdpl atau setara dengan 6.873 kaki. Dataran tinggi ini memiliki suhu yang sangat rendah, yaitu antara 17 derajat celcius hingga 2 derajat celcius. Pengunjung yang tidak tahan dengan udara dingin wajib memakai pakaian hangat agar tidak terkena hipotermia.

Di Gunung Tangkuban Perahu ini, Anda akan melihat pemandangan alam yang sangat luar biasa. Puncak gunung ini memiliki bentuk memanjang yang sangat mirip dengan sebuah perahu yang tengah terbalik. Pada lereng gunung terdapat perkebunan teh yang hijau dan alami. Siapa pun pasti betah berlama-lama di kawasan ini. tempat wisata d Bandung ini juga sering dijadikan sebagai lokasi pemotretan dan shooting film.

Kawah Putih Ciwidey

Tempat wisata Bandung yang menawarkan keindahan alam selanjutnya adalah Kawah Putih Ciwidey. Tempat wisata ini terletak 50 km menuju selatan dari kota Bandung, tepatnya di kawasan Ciwidey, Jawa Barat. Kawah putih ini merupakan sebuah danau yang terbentuk secara alami dari letusan Gunung Patuha. Mengapa disebut dengan kawah putih? Jawabannya adalah karena tanah di sekitar danau berwarna putih dan airnya pun berwarna putih kehijauan. Hal ini disebabkan oleh bercampurnya tanah dan air dengan zat belerang yang terkandung dalam suhu, udara, dan cuaca.

Kawasan ini mulai dikelola sebagai salah satu tempat wisata Bandung sejak 1987. Daya tarik kawasan ini adalah pemandangannya yang sangat indah dan unik. Ketika berada di sini, Anda serasa berada di taman surga yang damai dan menenangkan. Untuk Anda yang tidak suka aroma belerang, sebaiknya selalu menggunakan masker.

Situ Patenggang

Tempat wisata ini juga terletak di kawasan Ciwidey. Dari pusat kota Bandung, Situ Patenggang bisa ditempuh selama 45 – 60 menit. Tempat wisata ini menawarkan keindahan alam yang luar biasa. Danau ini terletak di kawasan dengan ketinggian mencapai 1600 mdpl. Dari ketinggian ini, keindahan alam kota Bandung akan benar-benar terlihat. Sepanjang mata memandang, Anda bisa melihat kebun teh yang hijau bak sebuah karpet, deretan pegunungan, dan hutan yang masih asri. Kawasan ini awalnya dijadikan sebagai kawasan cagar alam. Akan tetapi, sejak 1981, Situ Patenggang sudah dijadikan sebagai objek wisata.

Tak hanya indah, Situ Patenggang juga menyimpan cerita mitos yang masih dipercaya oleh masyarakat sekitar. Situ Patenggang berasal dari kata ‘Situ’ yang artinya ‘danau’ dan ‘patengan’ yang memiliki arti ‘saling mencari’. Menurut masyarakat sekitar, dulunya ada sepasang kekasih yang saling mencintai, yaitu Ki Santang dan Dewi Rengganis. Keduanya terpisah sangat lama. Berbekal cinta yang mendalam, keduanya pun saling mencari hingga bertemu di Situ Patenggang. Tempat pertemuan mereka disebut Pulau Sasaka atau Pulau Asmara yang berbentuk mirip hati. Mitosnya, pasangan yang datang ke tempat wisata ini akan memiliki kisah cinta yang abadi layaknya Ki Santang dan juga Dewi Rengganis.

Pemandian Air Panas Ciater

Kurang lengkap rasanya jika mengunjungi Bandung tanpa merasakan segarnya mandi air panas alami. Pemandian air panas di Bandung terletak di daerah Ciater. Lokasi tepatnya adalah di Jalan Raya Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Pemandian air panas Ciater memiliki sumber air panas alami yang mengalir dari Gunung Tangkuban Perahu. Karena airnya adalah air alami, siapa pun yang mandi di tempat ini akan merasa segar. Tak hanya membuat tubuh menjadi segar saja, air panas yang kaya akan kandungan belerang mampu menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Tempat wisata Bandung ini sangat disarankan untuk Anda.

Selain memiliki lokasi pemandian yang alami dan bersih, pemandian air panas Ciater ini juga tidak mahal. Untuk masuk ke kawasan Pemandian Air Panas Ciater, Anda akan dikenakan biaya Rp 15.000 per orang. Lalu, untuk bisa mandi dengan air panas, Anda harus membayar biaya tambahan mulai dari Rp 20.000 sampai dengan Rp 80.000 bergantung pada lokasi mandinya. Nominal tersebut tentu tidak mahal. Objek wisata di Bandung ini bisa membuat Anda lupa akan kerasnya hidup di ibu kota.

The Lodge Maribaya

Satu lagi tempat wisata di Bandung yang tidak boleh Anda lewatkan. The Lodge Maribaya Bandung merupakan tempat wisata alam yang masih tergolong baru di Bandung. Tempat wisata ini terletak di Jalan Marivaya Timur KM 6, Cibodas, Kosambi, Lembang. The Lodge Maribaya merupakan wisata alam yang dibangun di atas lahan sebesar 3 hektar di lereng Perbukitan Maribaya. Lokasi wisata ini memiliki ketinggian hampir 2.080 mdpl.

Sepanjang mata memandang, Anda akan melihat hamparan hutan pinus yang hijau. Karena berada di dataran tinggi, udara di sekitar tempat wisata ini pun sangat sejuk. Selain dapat menikmati hutan pinus yang asri, para pengunjung juga bisa menikmati beberapa wahana buatan, seperti rumah pohon, rumah lampion, resort, dan masih banyak lainnya. pengunjung tidak akan pernah menyesal berkunjung ke lokasi wisata ini.

 

Menakjubkannya Tempat Wisata di Bandung

Berlibur bersama keluarga menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu oleh anggota keluarga. Di sela-sela aktivitas harian yang padat, Anda dan keluarga butuh semacam hiburan dengan melakukan liburan. Kegiatan berlibur bersama keluarga akan semakin mempererat hubungan antaranggota keluarga. Tak perlu jauh-jauh pergi ke luar negeri. Kota Bandung memiliki banyak objek wisata keluarga yang bisa dijadikan pilihan. Berikut ini adalah tempat wisata di Bandung yang cocok untuk keluarga.

 

Trans Studio Bandung

Salah satu Tempat wisata di Bandung yang cocok untuk keluarga adalah Trans Studio Bandung. Tempat ini merupakan tempat wisata modern yang telah menjadi salah satu destinasi favorit keluarga. Wahana permainan indoor ini pertama kali di buka pada Juni 2011 lalu. Semenjak dibuka sampai sekarang, wahana wisata ini tidak pernah sepi oleh pengunjung. Anda pun bisa membawa keluarga tercinta bermain dan bersenang-senang di Trans Studio Bandung. Tempat wisata ini terletak di Jalan Gatot Subroto Nomor 289, Cibangkong, Bandung.

 

Trans Studio Bandung ini setidaknya ada sekitar 20 permainan yang masing-masing memiliki tema-tema tertentu. Secara garis besar, wahana permainan di Trans Studio Bandung dibagi ke dalam 3 kawasan besar, yaitu kawasan Studio Central yang memiliki nuansa broadway, Lost City yang memiliki nuansa alam, dan magic corner yang memiliki nuansa sedikit mistis. Trans Studio Bandung buka pada pukul 10.00 WIB hingga 21.00 WIB untuk hari-hari biasa. Untuk weekend dan hari libur, Trans Studio Bandung buka dari pukul 09.00 hingga 22.00. Tarif masuk untuk hari biasa sebesar Rp 150.000, sedangkan untuk weekend dan hari libur nasional sebesar Rp 250.000.

 

Pasar Baru Bandung

Pasar Baru Bandung adalah Tempat wisata di Bandung yang selanjutnya. Tempat wisata ini terletak di Jalan Pasar Barat Nomor 18 Kebon Jeruk, Bandung, Jawa Barat. Semua barang yang dijual di tempat ini memiliki harga yang sangat murah, mulai dari pakaian, aksesoris, dan lain sebagainya. Harganya yang jauh lebih murah dari harga pada umumnya membuat tempat ini selalu ramai oleh pengunjung.

 

Selain menjual beraneka macam pakaian dan aksesoris, Pasar Baru Bandung juga menjual barang elektronik rumah tangga dan juga gadget. Di tempat ini, Anda juga bisa menemukan penjual makanan khas Bandung seperti dodol, oncom goreng, wajit, peuyeum, dan kuliner khas Bandung lainnya. Tempat wisata belanja ini cocok dikunjungi bersama keluarga. Anda, pasangan, dan buah hati Anda akan merasa sangat senang berkunjung di tempat wisata di Bandung ini.

 

Kampung Gajah

Tempat wisata di Bandung yang asyik untuk dikunjungi bersama keluarga selanjutnya adalah Kampung Gajah. Tempat wisata ini merupakan sebuah objek wisata wahana permainan yang sangat seru dan mengasyikkan. Kampung Gajah terletak di Jalan Sersan Bajuri Km 3.8 Cihideung, Parangpong, Lembang. Kampung Gajah menjadi salah satu objek wisata keluarga terpadu yang dibangun di areal perbukitan yang sangat luas. Di lokasi ini, Anda dan keluarga akan mendapatkan pengalaman berwisata yang unik dan tidak terlupakan.

 

Ada banyak wahana permainan yang bisa dinikmati di tempat wisata di Bandung ini, mulai dari wahana wisata air, hingga wisata permainan lainnya. Setidaknya, ada sekitar 18 wahana permainan dan 16 atraksi yang digelar di tempat wisata ini. Jika ingin menikmati berbagai wahana di tempat ini, Anda harus membayar tiket yang tidak begitu mahal. Untuk hari-hari biasa, Senin sampai dengan Jumat, tiket masuk Kampung Gajah hanya Rp 150.000 per orang. Bila akhir pekan atau hari libur nasional tiketnya mencapai Rp 250.000.

 

Museum Geologi Bandung

Liburan bersama keluarga tidak harus selalu pergi ke taman rekreasi. Anda bisa mengajak keluarga tercinta Anda, khususnya buah hati Anda untuk pergi ke museum. Berwisata ke museum sangat disarankan untuk para keluarga Indonesia. Selain bisa mempererat tali kekeluargaan dan juga hiburan, liburan ke museum juga bisa menambah ilmu bagi Anda dan buah hati Anda. Di Bandung, ada museum geologi yang bisa Anda kunjungi. Museum ini dibangun sejak tahun 1928. Akan tetapi, Museum Geologi Bandung ini resmi dibuka pada 23 Agustus 2000 lalu. Lokasi Museum ini terletak di Jalan Diponegoro Nomor 57, Cihaurgeulis, Cibeunying Kaler.

 

Dilihat sekilas dari luar, bangunan museum tampak antik dan berkarakter. Di dalam gedung tersimpan ratusan barang peninggalan kuno yang dipajang dalam dua lantai. Pada setiap lantai akan memajang benda-benda bersejarah yang berbeda-beda. Pada laintai pertama, bangunan museum ini terdiri dari 3 ruangan, yaitu ruang tengah, ruang barat, dan ruang timur. Ruang tengah berisi animasi kegiatan geologi dan museum yang dikemas dalam layar lebar, pelayanan informasi, dan pelayanan pendidikan.

 

Pada ruang barat di lantai pertama berisi hipotesis asal usul bumi, sistem tata surya, maket pergerakan lempeng bumi, tatanan tektonik regional, dan masih banyak lagi yang lainnya. Lalu, sisi ruangan bagian timur diisi dengan sejarah perkembangan makhluk hidup, fosil binatang prasejarah, kumpulan tengkorak, artefak manusia purba, dan masih banyak juga yang lainnya. Anda dan keluarga akan mendapatkan banyak pelajaran menarik saat berkunjung ke Museum Geologi Bandung. Tempat wisata di Bandung ini tidak boleh Anda lewatkan.

 

Observatorium Bosscha

Anak-anak biasanya sangat penasaran dengan apa yang terjadi di langit, yaitu pada bulan, bintang, dan planet-planet dalam tata surya. Keingintahuan anak akan mendorongnya untuk terus belajar dan belajar. Terkait dengan pelajaran Tata Surya, Anda bisa membawa buah hati Anda pergi berlibur ke Observatorium Bosscha. Tempat wisata di Bandung ini merupakan sebuah observatorium yang meneliti sistem tata surya. Tempat wisata ini dibuka untuk umum, baik individu maupun rombongan pelajar.

 

Obervatorium Bosscha terletak di Peneropong Bintang, Lembang, Bandung Barat. Tempat ini sudah lama dijadikan sebagai pusat penelitian bintang-bintang luar angkasa. Tempat ini memiliki lima teropong bintang besar yang digunakan untuk mengamati bintang-bintang di langit. Lima teropong besar atau teleskop tersebut adalah teleskop Refraktor Ganda Zeiss, Teleskop Schmidt Bima Sakti, Teleskop Cassegrain Goto, Teleskop Refraktor Bamberg, dan Teleskop Refraktor Unitron. Lima teleskop tersebut masih aktif dan masih digunakan hingga sekarang.

 

Demikian adalah paket liburan lengkap bagi Anda yang masih lajang atau Anda yang sudah berkeluarga. Wisata alam dan wisata keluarga yang diuraikan pada ulasan ini adalah tempat wisata yang paling banyak dikunjungi masyarakat. Selain 10 tempat wisata di Bandung ini, masih banyak tempat wisata lainnya yang bisa Anda kunjungi. Kota Bandung memang menjadi kota yang tidak pernah sepi pengunjung, apalagi saat weekend. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat untuk Anda. Nantikan berbagai informasi penting

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *