Maribaya Lembang

Maribaya Lembang, Wisata Alam Memukau di Bandung

Posted on

Indahnya alam memang patut disyukuri. Selain dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari, ada juga keindahan alam yang dijadikan pelipur lara dan pelepas penat. Salah satunya adalah air terjun bernama Maribaya Lembang. Terletak di kawasan Lembang, Bandung, Jawa Barat, lokasi wisata yang satu ini sangat cocok untuk bersantai ditemani debur air terjun, sejuknya udara di sekitar, dan hangatnya mata air panas di kawasan ini. Letaknya tidak jauh atau bahkan bisa dikatakan menyatu dengan kawasan Taman Hutan Raya Djuanda.

Baca juga Tempat Wisata di Bandung yang Wajib Anda Kunjungi

Dulunya, kawasan yang indah ini dikenal karena adanya mata air panas alami yang ada di sana. Namun sekarang, kawasan ini justru terkenal akan keindahan alamnya yang masih sangat asri, dihiasi air terjun yang cantik. Untuk melakukan perjalanan ke kawasan ini, Anda harus menyiapkan kendaraan dengan sangat baik. bukan karena jalanannya jelek atau medan yang berat, tetapi karena jalan berbatunya lumayan membuat mobil atau motor terseok-seok. Alamat lengkap kalau ingin menuju ke tempat wisata ini adalah Maribaya Lembang, di Kampung Cikondang, Desa Lamajang, yang terletak di Kecamatan Pangalengan.

Maribaya Lembang yang Senantiasa Memukau

Sejak dulu menjadi tempat wisata, sampai sekarang pun terus berkembang sebagai tempat Wisata. Karena potensinya, kawasan ini dirombak dan diperbaharui, dan sekarang menjadi tempat wisata berkonsep tidak jauh berbeda dari resort. Meski konsepnya mirip resort, tempat ini tetap dibuka untuk umum. Untuk masuk, Anda harus melalui loket pembelian tiket. Harga tiketnya Rp 35.000,00 per orang. Akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 30.000 hingga Rp 150.000 untuk masuk ke kawasan kolam air panas.

 

Air terjun di kawasan ini ada 3, semuanya tidak kalah indahnya dengan air terjun di luar negeri. Curug Cikoleang, Curug Cikawari, dan Curug Cigulung bisa menjadi tempat spot foto asyik bagi yang hobinya ber-sefie. Selain ketiga air terjun tersebut, ada juga kolam tempat pemancingan dan penangkapan ikan. Kolam Talaga Giri yang menjadi kolam pemancingan ini juga meminta biaya tambahan sebesar Rp 20.000 untuk 30 menit atau Rp 15.000 per 15 menit.

 

Jam buka Maribaya Lembang cukup unik, tempat ini tidak setiap hari dibuka, hanya hari Jumat sampai Minggu saja. Dibuka mulai pukul 08.00 WIB, tempat ini sangat cocok dijadikan tempat berlibur saat weekend. Jam operasionalnya berakhir pada jam 20.00 WIB. Selain sebagai tempat wisata, Anda juga bisa mengadakan acara di sini. dengan daya tampung 200 orang, mau outing kantor atau outbond anak sekolahan juga bisa dilakukan.

 

Fasilitas lain seperti gedung Ampitheatre Bale pinton, yang fasilitasnya bisa digunakan untuk acara-acara seperti yang telah disebutkan tadi. Fasilitas lain di Maribaya Lembang juga sangat lengkap, karena merupakan kawasan wisata yang sudah melegenda di Kota Bandung.

Leave a Reply

Your email address will not be published.