stone garden Bandung

Stone Garden Bandung, Taman Alami Dari Bebatuan

Posted on

Melihat pemandangan alam yang indah, hijaunya alam, dan asrinya udara dataran tinggi biasanya menjadi pilihan dalam menjalani liburan yang santai. Tapi adakah yang ingin melihat keindahan batu sebagai cara untuk menghabiskan hari libur yang berharga? Ternyata ada. Stone Garden Bandung menawarkan pemandangan yang tidak biasa sebagai tempat wisata. Jika biasanya pepohonan, sungai, atau air terjun yang menjadi daya tarik wisata, ada batu-batu yang menjadi daya tarik wisata di Kota Bandung. Bukan hanya satu batu, tetapi sekumpulan batu yang tertata apik sehingga bisa dinobatkan sebagai stone garden. Melihatnya mungkin membuat Anda serasa memasuki dunia lain, atau seperti merasakan berada di tempat syuting film kolosal luar negeri, bukan Indonesia yang hijau dan kaya sumber daya.

Baca juga Tempat Wisata di Bandung yang Wajib Anda Kunjungi

Batu-batu besar hingga batu-batu kecil tersusun secara sistematis dan ada juga yang tersusun secara acak. Yang jelas, sejak 2014, tempat ini populer karena menampilkan pemandangan yang tidak biasa ini. Dan informasi dari pengelola mengatakan kalau batu-batu ini terbentuk secara alami, tidak disusun oleh manusia atau dibuat-buat demi kepentingan wisata. Letaknya berada di Kampung Grimulya, Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat di daerah Bandung Barat. Karena banyaknya batu-batu yang mencuat dari perbukitan ini, maka dinamakanlah Stone Garden Bandung.

Stone Garden Bandung yang Mempesona

Taman dengan luas kurang lebih 2 hektar ini memiliki ketinggian 900 meter di atas permukaan laut. Hanya dengan Rp 5.000,00 saja, Anda sudah bisa masuk dan berfoto sepuasnya dengan Stone Garden sebagai latar belakang. Akses masuknya pun terbilang mudah. Anda hanya harus berkendara keluar dari Tol Padalarang dan meneruskan perjalanan ke arah Cianjur. Sampailah Anda di kawasan Stone Garden Bandung ini, mudah bukan?

 

Mengapa batu-batuan tersebut bisa mencuat dari perbukitan tersebut? ada beberapa teori. Salah satunya adalah adanya pergeseran lempeng. Karena tampilan batu-batu tersebut lebih menyerupai karang, maka bisa disimpulkan kalau bukit serta bebatuan tersebut memang dulunya ada di dasar laut. Namun karena adanya pergeseran lempeng Bumi, jadilah mereka muncul ke permukaan. Bukit tersebut juga memiliki tebing kapur, yang menguatkan kebenaran teori ini.

 

Tempat wisata yang satu ini tidak memiliki fasilitas yang terlalu lengkap. Karena berada di tempat yang sangat terbuka, sulit untuk memenuhi kebutuhan seperti kamar mandi atau beribadah. Karena itu harus keluar kawasan terlebih dahulu untuk ke kamar mandi atau mushola.

 

Di antara bebatuan, beberapa sangat besar dan masif seperti karang sungguhan. Apalagi banyak rongga-rongga yang bahkan terlihat oleh mata telanjang. Pemandangan seperti ini akan sangat sayang untuk dilewatkan bukan? Jadi, jika ingin mendapatkan foto unik berlatar bukit berbatu, datang saja ke Stone Garden Bandung ini. Dijamin rasa penasaran Anda akan terpuaskan begitu melihatnya sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published.