sendang geulis kahuripan

Sendang Geulis Kahuripan sebagai Wisata Eksotis Saat Jenuh Dengan Rutinitas

Posted on

Bandung memang sudah tidak diragukan lagi sebagai tempat dengan berbagai keindahan dari tempat-tempat wisatanya. Salah satunya yaitu sendang geulis kahuripan. Obyek wisata yang juga dijuluki Telaga Cikahuripan tersebut terletak di kecamatan Cikalong wetan, Bandung Barat, Jawa Barat. Apa saja yang menarik dari destinasi wisata ini? Berikut uraian selengkapnya.

Baca juga Tempat Wisata di Bandung yang Wajib Anda Kunjungi

Sendang geulis kahuripan merupakan obyek wisata berupa sendang atau telaga. Beberapa orang juga menyebutnya sebagai wisata mata air. Sementara itu, warga lokal menyebut tempat wisata ini dengan istilah Sirah Cai Kahuripan. Ciri khas dari telaga ini adalah airnya yang jernih sehingga bagian dalam air pun bisa terlihat. Berdasarkan mitos, mandi di sendang ini akan membuat kulit menjadi halus serta tubuh menjadi awet muda.

 

Keasrian Lingkungan di Sendang Geulis Kahuripan

Tidak hanya itu, kawasan telaga Cikahuripan ini juga memiliki daya tarik dari segi keasrian lingkungannya. Pepohonan yang melingkupi kawasan sendang membuat obyek wisata ini semakin terasa asri dan menyejukkan. Jadi, terlepas dari apakah Anda mengambil foto di atas air maupun di dalam air, hasil foto yang dihasilkan akan sama bagusnya.

 

Selain beberapa spot foto yang sering digunakan oleh para wisatawan untuk berfoto, ada beberapa fasilitas lain yang menambah kenyamanan saat berwisata di sendang geulis kahuripan. Fasilitas tersebut diantaranya yaitu tempat parkir, toilet, tempat berganti pakaian, dan sebagainya. Para wisatawan juga bisa beristirahat di saung atau pondok bambu yang ada di lokasi. Tidak hanya itu, mereka yang lapar atau haus setelah menyelam di telaga bisa mendatangi warung penduduk lokal yang menjual makanan dan minuman pelepas lapar dan dahaga.

 

Tiket Masuk Sendang Geulis Kahuripan

Jika tertarik untuk berkunjung ke wisata favorit kaum muda yang jenuh dengan rutinitas kuliah dan pekerjaan ini, Anda harus membayar biaya tiket masuknya. Berapa harga tiket masuk per orangnya? Anda hanya perlu membayar Rp 10.000 per orang. Dengan biaya yang cukup murah tersebut, Anda bisa memuaskan diri  untuk mengabadikan momen liburan dengan kamera di spot-spot menarik yang tersedia.

 

Apabila Anda merencanakan liburan bersama keluarga atau sahabat, informasi mengenai jam buka obyek wisata ini sepertinya akan sangat membantu. Pada umumnya, para pengunjung bisa datang ke destinasi wisata yang terbilang masih baru ini setiap hari, Senin hingga Minggu. Jam masuk ke lokasi mulai pukul 8 pagi sedangkan jam tutup adalah pukul 5 sore. Jadi, agar dapat menikmati liburan di telaga Cikahuripan ini, silakan datang pada rentang waktu operasional yang telah ditentukan.

 

Bagaimana dengan rute menuju sendang geulis kahuripan? Anda yang berasal dari Jakarta bisa keluar pintu tol Cipularang atau tol Cikamuning. Setelah melewati rute Cikampek-Padalarang, Anda akan sampai di jalan raya Cikalong. Silakan menuju Cikalong wetan hingga melewati pangkalan ojek dan gapura berbentuk nanas. Dari lokasi tersebut, telaga Cikahuripan hanya berjarak sekitar 4 km.

One thought on “Sendang Geulis Kahuripan sebagai Wisata Eksotis Saat Jenuh Dengan Rutinitas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *